Fakhry Ekahandra - Ancaran.Net

Ancaran.Net

Pacinan Ancaran Kuningan West Java

Memanfaatkan Fasilitas Gratisan Untuk Mulai Berbisnis Online

Dalam catatan sebelumnya saya sempat menulis tentang memulai bisnis online tanpa modal. Nah, sebelum mengakhiri kerjaan hari ini dan beranjak ke tempat tidur saya yang nyaman, saya ingin kembali menyambung catatan tersebut. Kata "Tanpa Modal" masih tetap digarisbawahi.

Tanpa modal disini maksudnya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk memulai dan menjalankannya. Tentu saja Anda harus memiliki modal awal untuk mengakses internet. PC/Laptop dan koneksi internet menjadi syarat utama. Jika belum mempunyai PC/Laptop, silahkan hubungi warnet terdekat di tempat tinggal Anda :p

Bisnis Online Gratis

Salah seorang teman di Facebook yang kebetulan membaca catatan saya sebelumnya mengenai "Beragam Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal" mengirimkan sebuah paket berisi rentetan pertanyaan di inbox. Salah satu pertanyaannya adalah, harus mulai dari mana?

Well, semuanya kembali pada rencana Anda. Apa yang ingin Anda lakukan? Menjual produk? Blog monetizing? Menjual jasa? Jika sebelumnya Anda telah berpengalaman berbisnis di "dunia nyata", Anda hanya perlu memperluas jangkauan bisnis Anda melalui internet.

Saya mengawali kegiatan blog monetizing dari sebuah hobi. Waktu itu saya membuat blog berisi review musik, buku, dan film. Ketika pengunjung blog semakin meningkat, saya diajari seorang teman untuk mendaftar ke Google Adsense dan memasang iklan Adsense di blog yang saya kelola. Hasilnya? Gurih.. dan saya mulai jatuh cinta pada aktifitas blog monetizing. Blog tersebut saya buat dengan memanfaatkan fasilitas blog gratis dari Blogger. So, tanpa modal, toh? :D

Saat ini untuk membuat website/blog kita tidak perlu bahasa pemrograman yang rumit dan njlimet. Anda hanya perlu meluangkan waktu sejenak untuk belajar mengelola blog di Blogger.

Jika Anda telah memiliki produk yang bisa dipasarkan secara online dan sudah kebelet ingin buru-buru menjalani bisnis online tanpa harus belajar mengelola website/blog, Anda bisa memanfaatkan media yang saya yakin sudah Anda kenal dengan baik, yaitu Facebook.

Upload foto produk yang Anda jual, beri keterangan lengkap dan cara pemesanan, lalu mulailah melakukan promosi di Facebook. Tidak punya produk sendiri? Lihat di sekeliling Anda, jika di sekitar Anda ada toko yang menjual Jersey Bola misalnya, tawarkan kepada pemilik toko untuk bekerjasama.

Seperti halnya berbisnis di dunia nyata, berbisnis online di internet juga membutuhkan kejelian dan kemampuan untuk melihat peluang. Semakin lama Anda berkecimpung di bisnis ini, kejelian Anda dalam melihat dan memanfaatkan peluang akan semakin terasah.

Sekali lagi, tidak perlu menyiapkan biaya ekstra untuk memulai langkah Anda. Di internet ada banyak sekali fasilitas gratisan namun sangat efektif jika bisa Anda manfaatkan dengan baik. Bahkan situs video sharing seperti Youtube juga bisa Anda manfaatkan untuk berpromosi. Buat video berisi slideshow foto-foto produk lalu diupload di Youtube dengan menyertakan deskripsi produk serta cara pemesanan, dan promosikan video tersebut.

Butuh nama-nama lain? Ini dia: Twitter, Kaskus, Tokopedia, Toko Bagus, Berniaga, Buka Lapak

Bagaimana? Apakah bel ide di kepala Anda sudah mulai berbunyi? Act now!