Fakhry Ekahandra - Ancaran.Net

Ancaran.Net

Pacinan Ancaran Kuningan West Java

DomiNations Game: Nation Mana Yang Perlu Dipilih?

DomiNations adalah sebuah game strategi baru yang digadang-gadang akan menyaingi Clash of Clans (CoC) yang saat ini sedang booming di kalangan pecinta game, khususnya game mobile.

Penasaran setelah membaca deskripsi yang menyatakan bahwa game ini adalah perpaduan antara Civilization dengan CoC, saya langsung menginstall game tersebut di ponsel lalu melakukan test drive.
Hasilnya? Secara pribadi saya menganggap DomiNations lebih menarik dari sisi gameplay.

Salah satu keputusan yang harus diambil saat memainkan game ini adalah memilih Nation (kebangsaan) karena berbeda dengan CoC yang hanya membangun kota, DomiNations mengajak pemain untuk membangun sebuah kebudayaan dan ada 7 bangsa yang bisa dipilih yaitu Jepang, Cina, Yunani, Perancis, Roma, Inggris, dan Jerman.

Bangsa terbaik game DomiNations

Saya sendiri awalnya merasa bingung untuk memilih karena masing-masing Nation memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah melakukan riset, akhirnya saya memilih Jepang yang dalam game ini memiliki keunggulan dalam bidang pertahanan.

Nah, bagi Anda yang baru sampai pada level menentukan bangsa yang akan dipilih, berikut adalah sedikit penjelasan mengenai kelebihan masing-masing Nation di game DomiNations:

Bangsa Jepang (Japanese)

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, Jepang memiliki kelebihan di bidang defense dengan kemampuan Town Center untuk melancarkan serangan balasan saat ada pasukan musuh yang menyerang. Kelebihan lainnya adalah periode Peace Treaty (perjanjian damai) yang lebih panjang.
Jepang memiliki pasukan khusus bernama Bushi dengan kekuatan penghancur yang lebih kuat dibanding jenis pasukan lain.

Bangsa Inggris (British)

Sebagai negara "penjajah", Inggris memiliki kelebihan dalam hal mengumpulkan hasil jarahan perang. Jika Anda memilih Inggris, maka Anda akan mendapatkan extra loot saat melakukan penyerangan via multiplayer battle.
Inggris memiliki pasukan khusus bernama Longbowman yang memiliki keunggulan dalam pertempuran jarak jauh dengan kemampuan jangkauan serangannya yang melebihi pasukan lain.

Bangsa Cina (Chinese)

Cina memiliki keseimbangan dalam hal ekonomi, penyerangan, dan pertahanan jika dibandingkan dengan bangsa lain dalam game DomiNations. Jika Anda memilih bangsa Cina, Anda akan mendapat pilihan bonus satu citizen atau satu defender. Citizen berfungsi sebagai tenaga pembangun infrastruktur dan pengumpul resources, sedangkan defender berfungsi untuk membantu pertahanan saat diserang. Bonus citizen hanya diberikan satu kali saja, sedangkan bonus defender diberikan setiap Anda melakukan upgrade Town Center.
Pasukan khusus yang dimiliki Cina bernama Chu Ko Nu yang memiliki kelebihan dalam hal kecepatan menyerang.

Bangsa Perancis (French)

Bangsa Perancis unggul dalam hal pelatihan pasukan tempur. Mereka memerlukan waktu yang lebih singkat untuk melatih pasukan dibanding bangsa lain. Pasukan Napoleon ini juga dilengkapi unit bernama Chevalier yang memiliki daya tahan (health) yang sangat kuat.

Bangsa Jerman (Germans)

Dikenal sebagai bangsa pejuang, bangsa Jerman memiliki keunggulan dalam bidang penyerangan. Saat menyerang musuh, waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan perintah Rally (membuat pasukan lebih cepat dan fokus menyerang bangunan/pasukan tertentu) lebih cepat dibanding bangsa lain. Durasi Rally-nya juga lebih lama.
Kelebihan tersebut jika dipadukan dengan taktik penggunaan Rally yang tepat akan membuat pasukan Jerman menjadi sangat efektif dan berbahaya.
Pasukan khusus yang dimiliki bangsa Jerman adalah pasukan perusak bernama Vandal.

Bangsa Yunani (Greeks)

Memiliki keunggulan dalam bidang arsitektur, bangsa Yunani membutuhkan resources (gold / food) yang lebih sedikit serta waktu yang lebih cepat dalam membangun infrastruktur.
Pasukan bernama Companion yang memiliki daya tahan serta daya hancur diatas rata-rata menjadi pasukan khusus yang dimiliki bangsa Yunani.

Bangsa Roma (Romans)

Dalam game DomiNations, bangsa Roma dianugerahi kapasitas penampung pasukan yang lebih besar dibanding bangsa lain sehingga mampu membawa lebih banyak pasukan tempur saat melakukan penyerangan. Pasukan Roma juga dilengkapi unit tempur bernama Legion yang memiliki daya tahan (health) tinggi.

Nah, setelah membaca beberapa kelebihan dari masing-masing Nation di game DomiNations, mudah-mudahan Anda akan mendapat sedikit gambaran mengenai bangsa mana yang akan Anda pilih. Sesuaikan pilihan Anda dengan gaya bermain yang Anda sukai.

O ya, saat memasuki Masa Perunggu, Anda dapat memilih bangunan Wonder untuk mendukung pertumbuhan bangsa yang Anda pimpin. Wonder mana yang paling cocok? Silahkan baca di sini
.