Fakhry Ekahandra - Ancaran.Net

Ancaran.Net

Pacinan Ancaran Kuningan West Java

Rekomendasi Smartphone Android Murah, Silahkan Dipilih

Salah satu faktor yang membuat Android semakin populer di kalangan pengguna smartphone dan tablet adalah sifatnya yang terbuka sehingga diadopsi oleh berbagai produsen ponsel yang kemudian merilis aneka produk berbasis Android. Banyak diantaranya dikemas sebagai ponsel android murah dan dipasarkan dengan harga mulai dari ratusan ribu rupiah saja.

Di pasar Indonesia sendiri, produsen global seperti Samsung dan Sony ikut menelurkan berbagai smartphone Android murah untuk menyasar segmen menengah ke bawah yang umumnya dikuasai oleh pabrikan China. Secara umum, ketatnya persaingan menguntungkan kita sebagai konsumen karena memiliki banyak pilihan untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan isi kantong yang akan dikeluarkan.

Nah, bagi Anda yang berniat mencicipi smartphone Android namun merasa belum perlu merogoh kocek terlalu dalam, berikut adalah beberapa pilihan hp Android yang dibanderol dengan harga murah namun menawarkan spesifikasi dan kinerja yang cukup menjanjikan.

Advan Vandroid S5E+ (Rp 1.200.000)

HP Android murah Advan S5E+

Tanda "+" menunjukkan bahwa model ini adalah suksesor Advan Vandroid S5E yang dibekali beberapa tambahan. Dua diantaranya adalah nilai plus di sisi kamera dan kapasitas baterai.

Vandroid S5E+ dibekali penyokong daya sebesar 1800mAh dan kamera utama dengan resolusi 8 megapixel, lebih besar dari pendahulunya yang hanya 5 megapixel. Sedangkan spesifikasi lainnya masih sama yaitu layar 5 inci dengan resolusi 480x854 piksel dan prosesor dual-core 1,3GHz dengan RAM 512MB serta memori internal 4GB.


ASUS Zenfone 4 (Rp 1.100.000)

HP Android murah ASUS Zenfone 4

Menilik hardware dan spesifikasi yang ditawarkannya, banderol harga ASUS Zenfone 4 bisa dibilang sangat murah. Dengan merogoh kocek Rp. 1,1 juta Anda bisa mendapatkan smartphone Android dengan prosesor dualcore Intel Atom Z2520 clock 1.2GHz yang disokong RAM sebesar 1GB.

Dibanding Advan S5E, Zenfone 4 tampil lebih mungil dan hanya mengusung layar WVGA 4 inci. Untuk pengambil gambar dan video, Zenfone 4 dipersenjatai kamera berkekuatan 5MP. Untuk menutupi kekurangannya di sisi penyokong daya yang hanya menggunakan baterai berkapasitas 1.170 mAh, Asus melengkapi Zenfone 4 dengan sebuah baterai tambahan dalam paket penjualannya.

Motorola Moto G (Rp 1.950.000 dan Rp 2.250.000)

HP Android murah Moto G

Jika Anda bermaksud merogoh kocek sedikit lebih dalam untuk mendapat smartphone yang lebih baik namun tetap dalam rentang harga murah, maka Motorola Moto G bisa menjadi pilihan utama.

Mengusung dapur pacu quad-core 1,2GHz yang didukung RAM sebesar 1 GB dan GPU Adreno 305, Moto G memiliki kinerja yang cukup mumpuni untuk mengakomodasi aplikasi dan game yang "berat". Hal ini didukung pula oleh layar IPS LCD 4,5 inci (1.280 x 720 pixel) dengan kualitas tampilan yang ciamik. Keberadaan Gorilla Glass 3 sebagai antigores menjadi nilai tambahan lainnya.

Moto G tersedia dalam dua pilihan berdasarkan memori internal yang ditawarkan, yaitu 8GB dan 16GB. Harga yang ditawarkan bisa dibilang termurah jika dibanding produk lain dengan spesifikasi sejenis, yaitu Rp 1.950.000 untuk Moto G 8GB dan Rp 2.250.000 Moto G 16GB.