Fakhry Ekahandra - Ancaran.Net

Ancaran.Net

Pacinan Ancaran Kuningan West Java

Apa Itu SEO dan Mengapa SEO Penting?

Secara sederhananya, SEO (Search engine optimization) atau optimasi mesin pencari bisa diartikan sebagai proses dan teknik untuk membuat sebuah website lebih mudah dicari di mesin pencari seperti Google Search, Yahoo Search, dan Bing.

Hingga saat ini, mesin pencari adalah salah satu sumber pengunjung terbesar bagi kebanyak website di internet. Dan Google Search menjadi mesin pencari yang paling dominan. Itulah sebabnya sebagian besar teknik SEO biasanya mengacu pada Google.

Inti dari SEO adalah menempatkan sebuah website di urutan teratas hasil pencarian saat seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu di Google cs.

Apa Itu SEO dan Mengapa SEO Penting

Sebagai ilustrasi, Mamanya Fakhry bermaksud membeli baju anak untuk Fakhry melalui toko online. Lalu Mamanya Fakhry melakukan pencarian di Google Search dengan kata kunci "baju anak murah". Google akan menampilkan jutaan hasil yang sesuai dengan kata kunci baju anak murah, tapi tentu saja yang paling berpeluang untuk dikunjungi oleh Mamanya Fakhry adalah website yang masuk 10 besar di hasil pencarian karena secara default Google hanya menampilkan 10 hasil per halaman.

Menurut statistik, website yang berada di posisi nomor 1 di hasil pencarian tersebut memiliki kemungkinan 80% lebih besar untuk dikunjungi para pencari. Nah, bayangkan jika dalam satu hari ada 1000 orang saja yang melakukan pencarian dengan kata kunci yang sama, website yang berada di posisi teratas di hasil pencarian akan mendapat tambahan sekitar pengunjung 800 per hari. Jika 10% saja dari 800 orang pengunjung tersebut melakukan pembelian, maka setiap harinya ada 80 pembeli yang masuk melalui hasil pencarian di Google.

Ilustrasi di atas hanya ilustrasi sederhana. Mesin pencari Google memproses pencarian sebanyak kurang lebih 100 miliar per bulan, sebuah potensi yang sangat menggiurkan tentunya.

Potensi tersebut membuat SEO menjadi penting bagi sebuah website jika ingin mendapat banyak pengunjung.

Dengan menerapkan teknik SEO, kita berusaha menempatkan website di posisi teratas untuk beragam kata kunci yang kita inginkan. Tentu saja hal ini berarti kita akan bersaing dengan website lain yang mengincar kata kunci yang sama. Seperti dalam cerita ilustrasi di atas, ada jutaan halaman web yang terkait dengan kata kunci "baju anak murah".

Ada banyak faktor yang digunakan oleh mesin pencari dalam menentukan halaman web mana yang pantas ditempatkan di posisi pertama dalam hasil pencarian. Faktor-faktor inilah yang perlu diperhatikan dan menjadi fokus utama dalam SEO.

Dalam catatan-catatan berikutnya insya Allah akan kita bahas dasar-dasar teknik SEO yang dapat diterapkan agar website yang kita kelola siap bertempur untuk memperebutkan posisi terhormat di hasil pencarian Google dkk. Jika Anda kebetulan mengetahui atau bahkan menguasai topik-topik yang berkaitan dengan SEO, jangan pelit untuk berbagi ilmu di kolom komentar ya ;)