Fakhry Ekahandra - Ancaran.Net

Ancaran.Net

Pacinan Ancaran Kuningan West Java

Cara Alami Mengusir Tikus Dari Rumah

Tikus menjadi musuh utama saya dalam beberapa hari ini. Entah mengapa, akhir-akhir ini makhluk pengerat jahil tersebut semakin berani mengusik hidup saya yang sebelumnya berjalan aman, damai, dan sentosa.

Merasa semakin terganggu dengan tingkah Si Tikus yang mulai kelewat batas, akhirnya saya mengaktifkan status berperang dengan alasan bahwa mereka telah melanggar kedaulatan saya sebagai penghuni rumah yang sah dan tercatat dalam administrasi pemerintahan setempat.

Beragam taktik, strategi, dan senjata saya kerahkan untuk memenangkan perebutan teritori dengan mereka. Perangkap, racun, dan lem terbukti kurang ampuh karena ternyata mereka cukup cerdik untuk beradaptasi. Hanya satu dua yang berhasil saya lumpuhkan, masih banyak yang berhasil lolos dan melakukan serangan balik dengan meninggalkan ranjau berupa kotoran yang bau dan menyebalkan, merusak kabel, hingga mensabotase makanan.

Akhirnya saya memutuskan untuk mengubah taktik. Setelah berkonsultasi dengan Mbah Google, saya menemukan beberapa cara untuk mengusir tikus secara alami.

Inti dari cara ini adalah membuat tikus merasa tidak nyaman dengan memanfaatkan beberapa pengetahuan tentang perilaku mereka. Perang berlanjut, namun kali ini saya tidak berorientasi untuk membunuh, melainkan fokus pada mengusir mereka dari daerah kekuasaan saya.

Strategi alami mengusir tikus dilakukan dengan membuat mereka merasa terancam, mengganggu pendengaran dan penciuman, serta melakukan intimidasi. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah yang sama dengan saya dan sedang berjuang mempertahankan kemerdekaan dari invasi koloni tikus, berikut adalah beberapa cara mengusir tikus secara alami yang bisa Anda coba.

Cara Alami Mengusir Tikus Dari Rumah

Bersekutu Dengan Predator Alami Tikus
Secara naluriah, tikus takut pada kucing yang ditakdirkan sebagai pemangsa mereka. Anda bisa bekerjasama dengan kucing dan menempatkannya di rumah. Keberadaan sang pemburu akan membuat tikus menjadi merasa tidak aman dan akhirnya memutuskan untuk angkat kaki dari rumah.

Ular juga merupakan musuh alami tikus. Tapi saya rasa hanya sedikit orang yang bersedia bersekutu dengan ular untuk memerangi koloni tikus di rumah :D

Menganggu Pendengaran Tikus
Berbeda dengan tingkahnya yang sering berbuat onar serta melakukan tindakan kriminal berupa pencurian makanan dan perusakan properti, sebenarnya tikus menyukai kesunyian dan merasa tidak nyaman di lingkungan berisik. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mengikis kekuatan koloni tikus.

Suara jangkrik dipercaya bisa membuat tikus tidak nyaman. Jadi, Anda bisa bersekutu dengan jangkrik untuk menganggu mereka. Tempatkan beberapa jangkrik di tempat-tempat yang dilalui oleh tikus. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan alat elektronik pengusir tikus yang mengeluarkan suara mirip suara jangkrik.

Menganggu Penciuman Tikus
Kita sering merasa terganggu dengan bau tak sedap yang ditimbulkan oleh tikus. Nah, kita bisa melakukan serangan balik dengan menebarkan bau yang tidak disukai oleh mereka. Terlepas dari badan mereka yang bau, ternyata tikus juga tidak menyukai bau yang tidak menyengat.

Untuk membuat mereka "sakit hidung", tempatkan sumber bau di tempat tikus biasa lewat. Keberadaan bau tersebut akan membuat tikus merasa tidak betah dan pergi dari rumah.

Berikut adalah beberapa sumber bau yang bisa Anda gunakan:
- Kulit Durian
- Buah Mengkudu
- Minyak Mint
- Kamper / Kapur Barus