Fakhry Ekahandra - Ancaran.Net

Ancaran.Net

Pacinan Ancaran Kuningan West Java

Beragam Cara Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Peluang bisnis online, khususnya di Indonesia, semakin terbuka lebar sejalan dengan semakin meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Selain bertambahnya jumlah orang Indonesia yang melek internet, faktor pendukung lainnya adalah tren berbelanja secara online yang juga semakin banyak dilakukan oleh para pengguna internet di Indonesia.

Peluang ini telah dimanfaatkan oleh mereka yang jeli. Tidak hanya oleh pemain besar seperti Toko Bagus, Berniaga, dan lain-lain, para pebisnis perseorangan juga telah banyak yang memanfaatkan internet sebagai media untuk berbisnis secara online. Coba Anda buka Facebook dan ubek-ubek friend list di profil Anda, saya yakin pasti ada teman yang menjajakan dagangannya melalui Facebook.

Memulai bisnis online di internet dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang usia ataupun pendidikan. Saya mengenal beberapa teman yang masih duduk di bangku SLTA namun telah mampu mendapatkan penghasilan melalu bisnis di internet, bahkan ada yang mampu menjadi tulang punggung keluarga di usia yang masih sangat muda.

Mereka yang saya kenal --termasuk diri saya sendiri-- memulai bisnis online tanpa mengeluarkan modal. Di internet ada banyak sekali fasilitas yang bisa digunakan secara gratis untuk memulai belajar bisnis online. Anda bisa berbisnis menggunakan Facebook, Blogger, Situs Jual Beli, bahkan Youtube. Insya Allah kedepannya saya akan membahas satu per satu tentang bagaimana memanfaatkan situs-situs tersebut untuk berbisnis secara online.

Memulai Bisnis Di Internet Tanpa Modal


Ada beberapa pilihan yang dapat Anda pertimbangkan saat akan mulai terjun di bisnis online tanpa perlu menyiapkan modal terlebih dahulu.. Mari kita lihat pilihan-pilihan tersebut.

Menjual Produk Secara Online

Facebook menjadi media yang sangat populer dan banyak digunakan untuk menjual produk. Anda tidak perlu memiliki toko secara fisik, cukup dengan mengupload gambar produk serta melakukan promosi di Facebook.

Berjualan secara konvensional biasanya membutuhkan modal awal untuk membeli stok barang. Namun lagi-lagi internet memberikan solusi bagi Anda untuk memulai jualan online tanpa harus merogoh kocek untuk menyediakan stok produk, yaitu dengan menggunakan sistem dropship.

Secara garis besar, dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/supplier/produsen.

Menjadi Affiliate Marketer

Menjadi affiliate marketer juga merupakan pilihan yang bisa Anda ambil untuk memulai berbisnis secara online tanpa modal. Caranya hampir mirip dengan Dropship, yaitu dengan menjual produk/jasa pihak lain. Namun sebagai affiliate, tugas utama Anda adalah mempromosikan produk tanpa perlu melayani pembeli secara langsung.

Setiap ada produk yang terjual melalui promosi yang Anda lakukan, Anda akan mendapatkan komisi. Besarnya komisi ditentukan oleh pemilik produk.

Sebagai contoh, Tees.co.id memberikan komisi bagi affiliate yang berhasil mereferensikan penjualan atas beragam kaos, jaket, Pop Case, dll yang dijual di website tersebut.

Secara garis besar, Affiliate Marketing dan Dropshipping memiliki kesamaan, yaitu sama-sama memasarkan produk pihak lain. Namun keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Dropshipping lebih fleksibel dalam hal keuntungan karena kita memiliki kuasa penuh untuk menentukan berapa keuntungan yang akan diambil per produk yang terjual. Dropshipping juga memungkinkan kita memasarkan produk menggunakan Brand/Nama Toko sendiri. Namun jika memilih sistem dropship, Anda harus siap menangani pertanyaan calon pembeli, transaksi jual beli, komplain, retur, dan lain-lain.

Sedangkan Affiliate Marketing merupakan kebalikannya. Komisi penjualan ditentukan oleh pemilik barang, namun kita tidak direpotkan dengan proses transaksi karena tugas kita hanya mempromosikan produk.

Blog/Web Monetizing

Opsi ini menjadi pilihan utama saya. Ada banyak cara dan pilihan untuk menghasilkan uang melalui blog. Cara yang paling populer adalah dengan menyediakan slot iklan pada blog dan menarik bayaran dari pihak yang berminat untuk memasang iklan di blog Anda.

Tentu saja Anda perlu mengoptimasi blog tersebut agar menarik banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung blog, semakin besar potensi penghasilan yang bisa diraup.

Nah, tiga opsi diatas bisa Anda pilih salah satu untuk membuka pintu menuju perjalanan bisnis di internet. Sebenarnya masih banyak opsi lain yang bisa dilakukan untuk berbisnis online, tanpa modal sekalipun. Seiring perjalanan waktu, Anda akan mulai menemukan peluang-peluang baru dan menemukan jenis bisnis online yang paling cocok untuk Anda.

Pada catatan-catatan berikutnya, saya akan mengulas secara lebih dalam mengenai Dropshipping, Affiliate Marketing, Blog Monetizing, dll.

Satu hal yang perlu diingat, bisnis online bukan bisnis instan. Potensi penghasilan dari internet memang tidak terbatas, di Indonesia sendiri sudah banyak Internet Marketer yang mampu meraup penghasilan hingga ratusan juta rupiah per bulan, namun semuanya tetap memerlukan proses dan ketekunan.