Fakhry Ekahandra - Ancaran.Net

Ancaran.Net

Pacinan Ancaran Kuningan West Java

Peluang Usaha Berjualan Online Yang Menjanjikan

Semakin banyaknya masyarakat yang melek internet menumbuhkan beragam peluang usaha baru yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan. Jika selama ini aktifitas jual beli lebih banyak dilakukan secara konvensional, pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna internet --khususnya di Indonesia-- memunculkan trend baru dalam berbelanja, yaitu berbelanja secara online.

Beragam fasilitas yang tersedia memungkinkan seseorang untuk membeli barang yang dibutuhkan tanpa perlu keluar rumah sama sekali. Cukup melakukan pemesanan secara online, membayar secara online pula dengan menggunakan internet banking, lalu duduk manis menunggu barang yang dipesan diantar ke rumah. Kegiatan jual beli online juga memungkinkan pembeli dari Papua bisa memesan barang kepada penjual dari Aceh, atau bahkan pembeli dari Indonesia melakukan transaksi dengan penjual dari negara di belahan dunia lain.

Usaha Jualan Online

Jika Anda telah memiliki toko, memasarkan produk melalui internet dapat menjadi pilihan tepat untuk memperluas jangkauan pasar Anda. Seorang pemilik distro di Bandung mengaku omset penjualannya meningkat pesat sejak memutuskan untuk menjajakan kaos melalui internet karena para pembelinya tidak hanya terbatas pada pelanggan yang datang ke toko saja.

Tentu saja Anda tidak wajib memiliki toko fisik untuk ikut terjun dalam aktifitas berjualan online. Asalkan ada produk yang bisa dijual, Anda bisa mulai memasarkannya melalui internet. Bahkan Anda tidak perlu memiliki produk sendiri, Anda bisa menjualkan produk orang lain dan mengambil keuntungan dari penjualan tersebut.

Lihat-lihat di sekeliling Anda, ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan. Misalnya jika di daerah Anda ada toko yang menjual baju dengan harga murah, ajukan tawaran untuk bekerjasama.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan sistem dropship. Cara ini memungkinkan Anda untuk menjual produk tanpa perlu melakukan stock barang karena barang akan langsung dikirim oleh supplier kepada pembeli Anda. Jadi yang perlu Anda lakukan adalah memasarkan produk yang dimiliki supplier, melakukan transaksi dengan pembeli, lalu membayar kepada supplier dan meminta mereka mengirimkan barang kepada pembeli. Selisih antara harga dari supplier dengan harga yang Anda pasarkan nantinya akan menjadi keuntungan Anda.

Kelebihan Berjualan Secara Online

Jika dibandingkan dengan berjualan secara konvensional, berjualan melalui internet memiliki beragam kelebihan seperti jangkauan yang lebih luas, modal yang relatif lebih kecil, dan lain-lain. Berikut adalah beberapa keunggulan berjualan online jika dibandingkan dengan berjualan secara konvensional:

Jangkauan Yang Lebih Luas
Yups, tentu saja. Melalui internet, Anda bisa mempromosikan produk dengan pasar yang jauh lebih luas jika dibandingkan dengan berjualan di toko. Bahkan Anda bisa memasarkan produk ke seluruh penjuru dunia dan memanfaatkan jasa kurir untuk mengirimkan produk kepada pembeli.

Modal Yang Relatif Lebih Kecil
Berapa modal yang perlu dikeluarkan untuk membuka sebuah toko kecil atau menyewa kios? Nah, untuk berjualan online, Anda tidak perlu membuka toko fisik, cukup dengan modal koneksi internet dan ponsel. Bahkan dengan memanfaatkan sistem dropship, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan stock barang.

Tentu saja akan lebih baik jika Anda memiliki toko fisik. Tapi setidaknya untuk langkah awal Anda tidak perlu dipusingkan dengan modal untuk memiliki toko jika ingin mulai usaha berjualan di internet.

Waktu Yang Lebih Fleksibel
Dengan modal koneksi internet, Anda bisa menjalankan usaha jualan online dari rumah sambil melakukan aktifitas lain. Hal inilah yang membuat banyak ibu-ibu yang tertarik. Mereka bisa menjalankan bisnis sambil tetap menjalankan kewajiban mereka sebagai ibu rumah tangga.

Media Untuk Berjualan Online

Facebook biasanya menjadi media pilihan untuk memasarkan produk. Cukup dengan mengupload foto produk, lalu mempromosikannya kepada teman-teman Anda.

Selain Facebook, ada banyak media-media lain yang bisa digunakan seperti BBM, situs sosial media (Twitter, Instagram, dll), situs jual beli (Tokopedia, Qoo10, Berniaga, OLX, dll), forum online (Kaskus misalnya), situs iklan baris, bahkan Youtube.

Membuat website toko online sendiri juga bisa menjadi pilihan. Anda bisa memanfaatkan jasa pembuat toko online atau membuatnya sendiri.

Beberapa sarana pendukung lain yang perlu dipersiapkan sebelum mulai berjualan online adalah:
  • Rekening bank. Disarankan untuk memiliki beberapa rekening dari bank berbeda (BCA, BNI, Mandiri, dll) dan telah didukung fasilitas internet banking atau sms banking
  • Nomor HP. Disarankan berbeda dengan nomor pribadi agar lebih mudah dikelola
  • Media Komunikasi lain seperti BBM, Whatsapp, dll

Pada kesempatan berikutnya Insya Allah saya akan menulis lebih detil tentang langkah-langkah persiapan yang perlu dilakukan untuk mulai berbisnis online.